Friday, April 12, 2024
Aktiviti

Upacara Puncak Cengbeng 2022 Sumut Dipusatkan di Tanjungmorawa

InHua.Net – Perayaan Cengbeng secara serentak akan digelar mulai 26 Maret hingga 15 April 2022, khususnya di Provinsi Sumatera Utara. Untuk acara puncak, Panitia Perayaan Ritual Cengbeng  Sumut 2022 akhirnya menetapkan Perkuburan Tionghoa Yayasan Sosial Sentana Abadi di Tanjung Morawa sebagai lokasi pemusatan upacara.

Seremoni puncak akan digelar pada Minggu, 10 April 2022 mendatang, dengan jumlah peserta/umat yang sudah terdaftar serta pengamanan yang ketat sesuai dengan Prokes Covid-19.

Anggota Dewan Kehormatan YIHLP Iwan Hartono Alam

Anggota Dewan Kehormatan Yayasan Istana Harta Lima Penjuru (YIHLP) sekaligus Penasehat Panitia Iwan Hartono Alam menyatakan, atas arahan Ketua Dewan Kehormatan Tetap Kwik Sam Ho, bahwa panitia mengundang pihak Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kemendikbud Ristek RI, Bapak Bupati Deli Serdang, tokoh lintas Agama dan etnis budaya, pengiat budaya dan akademisi untuk menghadiri seremoni puncak tersebut.

“Karena Cengbeng tahun ini masih dalam suasana pandemi, pada kesempatan ini saya menghimbau pada warga Tionghoa yang merayakannya, agar mengikuti Prokes Covid-19,” jelas Iwan.

Selain itu, menurutnya, akan diadakan persembahan kuburan massal dalam ritual Cengbeng, dengan tujuan mendoakan para  arwah yang tidak mempunyai sanak famili.

“Kami mewakili anak cucu untuk memberikan penghormatan kepada leluhur, dengan harapan doa dan sesaji yang kami berikan akan diterima dengan senang, apabila para arwah menerima dengan senang maka kami yang hidup ini tentunya akan diberkati,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *