Thursday, April 11, 2024
Global

Kasus Harian Covid-19 Taiwan Diperkirakan Tembus 10 Ribu Besok

InHua.Net – Otoritas Taiwan melaporkan 8.822 kasus positif COVID-19 transmisi lokal yang baru dan 2 kasus kematian per Rabu, 27 April 2022.

Kepala Pusat Satgas Covid-19 Taiwan Chen Shih-chong memperkirakan kasus harian kemungkinan tembus angka 10 ribu besok.

Berdasarkan media setempat, Chen memberikan keterangan di atas pada konferensi pers, Rabu. 

Taipei Baru Tertinggi

Dia menyatakan 8.822 kasus tersebut terdistribusikan di 22 kabupaten dan kota di seluruh Taiwan, di mana Kota Taipei Baru memiliki paling banyak dengan 3.241 kasus, diikuti oleh Kota Taipei dengan 1.892 kasus, Kota Taoyuan  1.452 kasus, Kota Keelung 476 kasus, dan Kota Taichung 356 kasus.

Dua kasus kematian baru terdiri atas kasus lokal dan impor.

Luo Yijun, Wakil Kepala Tim Respon Medis Satgas Taiwan, mengatakan, kasus lokal adalah seorang pria berusia 70-an yang telah menerima dua dosis vaksin dan memiliki riwayat kanker.

Sementara kasus impor adalah seorang pria Taiwan berusia 50-an dengan riwayat kanker dan penyakit jantung. Dia pulang dari Amerika Serikat pada 16 April. Kemudian ditemukan dalam keadaan koma di rumah pada tanggal 19. Pertolongan pertama tidak efektif, dan penyebabnya kematian adalah gagal jantung dan paru.

Pandemi Taiwan Tinggi, Tetapi Tidak Tak Terbatas

Chen memperkirakan jumlah kasus harian akan melebihi 10.000 besok. Namun dia menekankan bahwa jumlah kasus tidak akan meningkat tanpa batas, karena tiga alasan:

Pertama, populasi Taiwan relatif kecil dibandingkan dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Dengan membandingkan data puncak wabah di Amerika Serikat dan Korea Selatan, kasus harian Taiwan maksimal mencapai 300.000 kasus.

Kedua, tindakan intervensi kesehatan non-publik (NPI) Taiwan terbaik di dunia, yang dapat secara cepat memutuskan sebagian rantai penyebaran.

Ketiga, tingkat vaksinasi dan perlindungan Taiwan lebih tinggi daripada negara lain pada awal pandemi.

Berdasarkan kriteria penilaian di atas, pandemi di Taiwan mungkin akan mencapai titik tinggi tertentu, tetapi tidak akan naik terus menerus.

Selain itu, Chen Shizhong menyatakan, negosiasi pengadaan vaksin anak-anak antara Taiwan dan pihak BNT-Pfizer diperkirakan rampung pada minggu ini. Meskipun demikian, jumlah vaksin secara detail akan diumumkan setelah kontrak ditandatangani.

Kemudian, vaksin Moderna tahap kelima diharapkan tiba di Taiwan sekitar pukul 5 sore hari itu.

Dilansir dari Zaobao

Penerjemah: Ependi Tan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *