Thursday, April 11, 2024
AktivitiBudaya

JST Barongsai Meriahkan Halal Bi Halal Punggowo XI di Batam

InHua.Net – Barongsai dan Atraksi Naga turut meramaikan Halal Bi Halal Paguyuban Among Wargo Jowo (Punggowo) ke XI tahun 2023 yang dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Center, kota Batam pada, Minggu (28/5/2023).

Puluhan ribu warga Kota Batam tumpah ruah di alun-alun balai kota tersebut. Kehadiran barongsai dan tarian naga, yang warna-warni dan atraktif menarik perhatian warga dalam kirab budaya bersama Reog Ponogoro, Kuda Lumping, dan seni budaya khas Jawa yang lain. Hal ini menunjukkan kesenian budaya khas Tionghoa tersebut sudah diterima sebagai bagian seni budaya Nusantara yang tak terpisahkan.

JST Barongsai foto bersama panitia seksi acara yang dipimpin Bapak Saproni.

Grup Lion and Dragon Dance JST Batam menjadi tim kesenian tradisional masyarakat Tionghoa yang diundang untuk panitia berpartisipasi dalam acara akbar tersebut.

JST Barongsai foto bersama Bapak Ependi Tan selaku koordinator barongsai panitia.

Kegiatan yang digelar dengan mengusung tema ‘Mohon, Mangesthi, Mangastuti, Marem’ yang memiliki arti selalu meminta petunjuk Tuhan untuk menyelaraskan antara ucapan dan perbuatan sehingga dapat berguna bagi sesama.

Dwi Ajeng Sekar Respaty (kanan) foto bersama JST Barongsai.

Hadir dalam kegiatan itu, Ki Lurah Punggowo DR.H.M. Soerya Respationo, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam HM Rudi, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto hingga Kepala Daerah dari Kabupaten Natuna, Kabupaten Karimun, Kabupaten Anambas serta Forkompinda di tingkat Provinsi Kepri dan Kota Batam. (Redaksi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *