Saturday, July 20, 2024
Budaya

Asal Mula Angpao

InHua.Net – Angpao sudah menjadi ciri khas perayaan Tahun Baru Imlek. Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah melambangkan spirit, semangat, kebahagiaan dan keberuntungan.

Mungkin sebagian besar kita tak pernah berpikir bagaimana asal mula angpao itu?

Membagikan angpao kepada anak di bawah umur berarti membawa harapan dan keberuntungan bagi mereka.  Uang dalam angpao hanya untuk menyenangkan anak-anak, dan makna utamanya ada di kertas merah, karena melambangkan keberuntungan.

Angpao juga disebut 压岁钱, secara harfiah berarti uang penangkal umur. Biasanya diberi ke anak-anak pada malam tahun baru Imlek. Dengan demikian, dipercaya dapat mengusir roh jahat, menangkal kemalangan, serta memberkati kedamaian.

Uang Tahun Baru atau angpao diperkirakan paling awal muncul di Dinasti Han. Uang yang digunakan bukan uang yang beredar di pasar, tetapi semacam koin berbentuk bulat yang digunakan sebagai penolak bala. 

Masyarakat Tionghoa kuno mempercayai ada monster kecil yang disebut Sui 祟, yang lafalannya sama dengan 岁 yang bermakna tahun atau umur. Monter ini muncul setiap  malam tahun baru untuk mencelakai anak yang sedang tidur.

Untuk mengusir monter ini, orang tua akan membungkus delapan koin tembaga dengan kertas merah dan meletakkannya di dekat bantal anak untuk membantu anak menakuti monster itu. Itu mengapa disebut 压祟钱,yang kemudian berubah menjadi 压岁钱,祟dan岁adalah homofonik.

Anak-anak dipercaya selamat dan sehat jika mereka menerima uang Tahun Baru Imlek atau angpau ini. 

Angpao dulu tidak berbentuk seperti sekarang, yang berupa amplop merah, tetapi di zaman dulu, angpao berupa uang koin diikat dengan tali berwarna-warni dan bentuknya mirip naga. Uang Tahun Baru dapat diberikan setelah anak-anak memberikan ucapan selamat Tahun Baru, atau dapat secara diam-diam ditempatkan di bawah bantal anakketika anak tertidur di Malam Tahun Baru.

Setelah Republik Tiongkok berdiri, barulah muncul uang tahun baru dibungkus dengan kertas merah, dan terus berkembang hingga seperti sekarang, amplop merah atau angpao dengan berbagai bentuk dan desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *